Manfaat Lain Dari Aneka Bumbu Dapur


Selain digunakan sebagai bahan dasar masakan, bumbu dapur memiliki segudang manfaat. Jika jeli, kita dapat memanfaatkan bumbu yang ada di dapur sebagai solusi permasalahan sehari-hari. Berikut 5 bumbu dapur dan manfaatnya.

1. Garam

Apa arti masakan tanpa garam? Garam adalah bumbu yang paling tidak boleh kosong di dapur para ibu. Tapi tahukah kamu jika garam punya manfaat lain selain mengasinkan makanan? Garam mengandung natrium dan klorin. Natrium dan klorin adalah unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam pertumbuhannya. Caranya,  larutkan 2 gram garam ke dalam 1 liter air, lalu siram ke tanaman seminggu sekali. Larutan garam ini menguatkan batang dan akar tanaman, mencegah kerontokan buah dan bunga dan membuat tanaman lebih tahan hama.

Selain untuk tanaman, kamu juga dapat memanfaatkan garam untuk kaki. Caranya, siapkan air hangat dalam baskom atau ember, beri 1 sendok makan garam. Rendam kaki yang lelah dengan air tersebut.

Air hangat dengan garam bermafaat menghilangkan bau kaki, mengatasi tumit pecah-pecah, menghilangkan pegal dan stress, melancarkan peredaran darah hingga meredakan sakit kepala.

2. Kentang

Saat memasak tanpa sengaja tangan atau jarimu bisa terkena panas. Jika hal ini terjadi, jangan panik. Jangan pula buru-buru mencari pembalut luka atau mendinginkan luka dengan air. Karena kulit yang terkena panas akan melepuh dengan seketika dan bisa meninggalkan bekas. Cara yang paling aman dan praktis adalah ambil satu buah kentang, potong dan langsung tempelkan pada luka bakar. Diamkan terus hingga kulit terasa dingin. Kentang memiliki senyawa yang berfungsi sebagai penyembuh luka secara alami dan pencegah pertumbuhan bakteri pada luka.

3. Bawang merah

Bawang merah adalah bumbu dapur yang berfungsi sebagai penyedap alami. Selain itu bawang merah juga mengandung vitamin c, kalium, serat, asam folat dan senyawa alliin yang membuatnya mengandung efek antiseptik dan anti radang. Tak heran jika selain sebagai bumbu masakan, bawang merah juga dapat digunakan sebagai pereda masuk angin hingga demam pada anak. Caranya, ambil satu siung bawang merah yang telah dibersihkan. Gecek atau tumbuk tapi jangan terlalu halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa dan minyak kayu putih atau minyak telon. Baluran resep ini pada tubuh anak, akan memberikan rasa hangat dan meredakan demam dan flu.

4. Bawang putih

Kadang, selain memasak, beberapa ibu juga hobi bercocok tanam. Namun sering jengkel dan bingung jika tanamannya diserang hama. Jika tanaman kamu di serang hama; kutu maupun jamur, tidak perlu bingung. Coba lihat di dapurmu, apakah ada bawang putih di situ. Senyawa belerang aktif dalam bawang putih dapat bertindak sebagai pestisida untuk membasmi jamur, kutu daun, kumbang kentang, lalat putih, cacing kubis, tungau laba-laba, semut hingga rayap. Caranya, siapkan 3 siung bawang putih, haluskan. Rebus 1 liter air hingga mendidih, campur dengan sejumput tembakau. Setelah dingin, masukkan bawang putih halus dan 1 tetes sabun cuci piring cair. Semprotkan pada tanaman cukup seminggu sekali.

5. Kopi

Selain sebagai minuman, kopi dikenal memiliki sejuta manfaat lain. Salah satu manfaat lain dari kopi adalah sebagai penetralisir bau. Caranya adalah, siapkan bubuk kopi hitam di sebuah wadah terbuka atau bisa juga dalam kain berbahan serat. Letakkan kopi tersebut di dalam ruangan. Bisa juga kamu letakkan di dapur ataukamar mandi agar dapur dan kamar mandimu tidak berbau. Atau di taruh di dalam kulkas dan digantung sebagai pengharum mobil.

Itu tadi beberapa bahan dasar masakan, yang bisa kamu temukan di dapur yang memiliki segudang manfaat. Bisa langsung kamu cari dan coba jika ada permasalah seperti yang dijelaskan di atas tadi. Selamat mencoba.

 


Tidak ada komentar:

Adbox