MANFAAT DAN KANDUNGAN DAUN SALAM SEBAGAI BUMBU

 

 

Bagi ibu-ibu, seperti orang tua dari Pevita Pearce , daun salam pasti telah banyak dikenal. Sebab, daun yang satu ini sering dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari, sebagai bumbu dapur. 

Daun salam ini juga mudah dijumpai disekitar kita, karena besarnya manfaat yang diberikan. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang manfaat dan kandungan daun salam.

Spesifikasi daun salam

Daun salam dikenal sebagai salah satu jenis dedaunan yang berkhasiat sebagai obat dan rempah-rempah di Indonesia. Tumbuhan dengan nama latin Syzygium polyanthum mempunyai beberapa nama berbeda sesuai dengan daerahnya, yaitu ubai serai di masyarakat Melayu, manting oleh penduduk Jawa, dan juga gowok di daerah Sunda. 

Tumbuhan ini banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara, seperti Burma, Indocina, Thailand, Semenanjung Malaya, Sumatera, Kalimantan dan Jawa.

Daun salam berbentuk lonjong, elips, ataupun bulat telur. Pangkal daun berbentuk lancip, sedangkan bagian ujung daunnya tergolong tumpul. Secara keseluruhan panjang daun berkisar antara 50 mm sampai 150 mm dengan lebar 35 mm hingga 65 mm.

Manfaat daun salam

Adapun manfaat dan kandungan dari daun salam ini sebagai berikut:

  • Menurunkan kadar asam urat. Daun salam mengandung senyawa aktif kuersetin, miristin, dan mirisetin yang berperan untuk menurunkan kadar asam urat
  • Menurunkan gula darah, kolesterol dan trigliserida. Antioksidan dalam daun salam mampu memproses insulin dengan lebih efisien  bagi penderita diabetes dan penderita resistensi insulin.
  • Penghilang rasa sakit. Minyak atsiri pada daun salam bernama Eugenol dan Methyl chavicol dapat membunuh bakteri dan jamur. Minyak atsiri juga dapat mengobati peradangan dan nyeri umum seperti keseleo, artritis dan rematik
  • Mengurangi kecemasan dan stress. Daun salam mengandung zat bernama linalol yang mampu menurunkan hormon stres dalam tubuh
  • Mencegah hipertensi. Daun salam mengandung flavonoid yang cukup tinggi dan dipercaya  dapat menurunkan tekanan darah.
  • Meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan Asam caffeic dapat membantu menghilangkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular
  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Air rebusan daun salam juga dipercaya mengandungan berbagai vitamin B6, B12, C, dan D yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Berbagai masakan dari daun salam

Adapun masakan yang dapat dihasilkan dari buah andaliman yaitu seperti :

1. Sayur Lodeh

Masakan sayur berkuah santan ini memang punya cita rasa yang istimewa. Ragam bahan sayur seperti wortel, kacang panjang, kol, hingga pepaya muda bisa digunakan sehingga masakan jadi lebih kaya serat. Bumbu untuk membuat sayur lodeh ini seperti bawang-bawangan, lengkuas, dan tidak lupa lembaran daun salam sebagai pengharum masakan. 

2. Tauco Tumis Udang

Tumisan udang dan tauco ini merupakan khas Sumatera Utara. Rasa gurih lembut tahu beradu dengan gurihnya tauco dan sengatan cabe. Bumbu yang digunakan untuk masak taucho tumis udang ini adalah bawang, cabe, lengkuas, jahe dan juga lembaran daun salam.

3. Nasi Daun Jeruk

Nasi daun jeruk adalah salah satu olahan populer yang bisa dinikmati bareng aneka macam lauk gurih. Proses pembuatan nasi daun jeruk ini sangat simpel, dengan memasukkan irisan daun jeruk, garam, serai, dan santan ke dalam beras yang sudah di cuci dan juga beberapa lembar daun salam.

Nahh, itu adalah sedikit rekomendasi untuk kamu yang ingin mencoba masakan olahan daun salam. Apakah kamu Tertarik mencobanya?

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox