Manfaat Laos Sebagai Bumbu Dapur

 


Masakan Indonesia dikenal dengan kombinasi dari beragam rempah-rempah. Salah satu yang sering digunakan adalah Laos atau lengkuas. Bumbu dapur yang satu ini berperan untuk menyedapkan semua masakan.

Laos atau lengkuas termasuk ke dalam jenis tumbuhan temu-temuan yang bisa hidup di datran tinggi atau rendah. Memiliki aroma yang tajam dan pedas, laos mampu memberikan kesegaran pada setiap masakan.

Tekstrur lengkuas ini cenderung kasar pada kulitnya, keras dan sedikit berserat pada bagian dagingnya. Bumbu ini berbeda dengan kunyit atau jahe, yang memili daging lebih lembut dan lunak.

Kamu pernah ngebayangin gak sih, kalau seandainya masak jenis gulai tanpa adanya laos atau lengkuas? Pasti gak dong, karena laos ini keberadaanya seperti garam, untuk membuat rasa masakan lebih gurih.

Selain menambah aroma masakan, lengkuas juga memiliki manfaat yang mampu menghilangkan bau amis pada masakan, seperti ikan, daging dan ayam. Oleh karena itu, masakan akan sangat enak bila dimasak dengan lengkuas.

Adapun manfaat laos untuk keseharan berdasarkan hasil dari penelitian adalah sebagai berikut:

1. Membantu Melawan Peradangan

Manfaat lengkuas untuk kesehatan yang pertama adalah melawan peradagangan. Hal ini bisa terjadi karena gangguan gingerol di dalamnya. Gingeorl berperan dalam menghambat sintesis prograglandin, yaitu hormone yang menyebabkan terjadinya perdagangan.

2. Mengobati Diare

Bumbu dapur seperti jahe, lengkuas, dan kunyit sudah lama digunakan untuk mengobati diare secara alami. Karena, bumbu dan rempat yang Anda gunakan untuk memasak ini mengandung zat tertentu yang bersifat antimikroba atau antibakteri.

3. Mencegah Infeksi

Sifat antimikroba yang dimiliki laos juga dapat menghalau bakteri lain. Beberapa penelitian menunjukkan tanaman ini mampu mematikan bakteri Salmonella typhi dan Staphylococcus aureus yang menginfeksi manusia.

Menambahkan laos ke dalam masakan ini juga bisa menurunkan risiko infeksi bakteri yang berasal dari kerang mentah. Beberapa studi menunjukkan potensi bumbu ini bisa menghalau  jamur dan parasit.

4. Mengurangi Risiko Tumor dan kanker

Lengkuas atau laos mengandung beragam antioksidan yang berpotensi untuk menurunkan risiko terjadinya tumor dan kanker. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa zak aktif pada tumbuhan ini bisa mematikan sel kanker dan mencegah bertembuh.

Para ahli menemukan bahwa laos sangat ampuh mematikan sel pada kasus kanker usus besar. Tak hanya itu, zat yang terkandung di dalamnya juga bisa melawan sel kanker kulit, hati, saluran empedu dan payudara.

5. Meredakan Batuk, Sakit Tenggorokan dan Suara Serak

Masyarakat di India sering menggunakan bumbu ini untuk meredakan nyeri di dada, suara serak dan sakit pada tenggorokan secara alami. Caranya dengan mencampurkan beberapa sendok kecil lengkuas dengan air panas, lalu meminum larutan ini secara rutin.

6. Mengobati Luka Bakar

Zat antiradang yang dimiliki tanaman rimpang ini juga bisa membantu mengobati luka bakar ringan. Untuk menggunakan bahan ini, Anda bisa menumbuk beberapa iris lengkuas dan oleskan pada kulit yang bermasalah.

Nah itu tadi beberapa fungsi laos selain sebagai pelengkap cita rasa bumbu dapur. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca sampai habis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2 Resep Olahan Opor Ayam, Dijamin Enak

10 Jenis Bumbu yang Wajib Ada Di dapur

Resep Bumbu Tongseng Sapi, Enak Banget!