Yuk Cari Tahu Perbedaan Lada, Merica dan Ketumbar

 


Tahukah kamu perbedaan lada, merica dan ketumbar? Tentunya ketiga bahan ini terdengar begitu familiar. Jenis bumbu dapur yang sering disebut diberbagai resep masakan, khususnya untuk kuliner khas Indonesia.

Banyak orang yang beranggapan bahwa ketiga jenis bumbu dapur ini adalah sama. Hati-hati loh, salah member bumbu untuk masakan, bisa-bisa cita rasa masakan kamu kurang nikmat. Yuk cari tahu perbedaan ketiga jenis bumbu dapur yang jarang diketahui orang.

Merica VS Lada



Merica dan lada adalah dua jenis bumbu yang sama. Yang membedakan namanya adalah merica adalah bumbu yang berbentuk bulat kecil-kecil. Ketika sudah dihaluskan dan berbentuk bubuk, orang sering menyebutnya dengan lada.

Merica dan lada yang banyak di pasaran tersedia dengan warna putih dan hitam. lalu apa bedanya? Merica hitam dan putih keduanya berasal dari jenis tanaman yang sama. Hanya saja, merica hitam dipetik ketika bijinya masih berwarna hijau di pohon, sementara merica putih dihasilkan dari biji yang dipanen dalam keadaan sudah matang.

Jenis-jenis Lada

Ada beberapa jenis lada yang kerap digunakan untuk memasak, seperti:

-lada hitam

-lada putih

-lada hijau

-lada merah

Cara mengelolah lada hijau dan lada merah berbeda dengan lada lainnya. Kedua jenis lada ini diolah dengan cara direndam dengan larutan air garam atau cuka. Namun, untuk menggunaan biji lada yang digunakan juga berbeda. Lada hijau menggunakan biji lada yang masih mentah, sementara untuk lada merah memakai lada matang.

Perbedaan jenis lada ini juga bisa dirasakan dari aromanya, lada merah cenderung lebih kuat daripada lada hijau. Namun, keduanya jarang digunakan dalam masakan Indonesia.

Merica VS Ketumbar

Jika dalam bentuk biji kecil-kecil, merica putih terlihat sangat mirip dengan ketumbar dan memiliki bentuk bular dan kecil serta berukuran yang hampir sama. Tapi tetap saja keduanya mempunyai perbedaan yang bisa dilihat secara langsung.

Salah satu yang membedakannya adalah memiliki tekstur kulir luar. Biji merica terlihat mempunyai tekstur yang lebih kasar, sementara biji ketumbar mempunyai garis-garis halus memanjang yeng terlihat lebih beraturan. Bila dinilai dari segi warna, merica terlihatb lebih putih pucat daripada ketumbar yang berwarna kuning keemasan.

Jika kamu masih belum yajin mana biji merica dan biji ketumbar, kamu bisa menekannya. Merica lebih keras sementara biji ketumbar akan lebih mudah hancur karena bagian tengahnya kosong.

Perbedaan Merica VS ketumbar dari Segi Rasa

Kamu juga bisa membedakan kedua jenis bumbu dapur ini berdasarkan rasanya. Lada atau merica memiliki karakter rasa yang pedas menghangatkan. Sementara itu, ketumbar mempunyai rasa serta aroma khas yang gurih dan kuat.

Fungsi Merica dan Ketumbar

Karena memiliki rasa dan aroma tersebut, ketumbar banyak digunakan untuk campuran bumbu seperti tempe goreng, bacem, dan dendeng. Selain memberikan rasa, ketumbar juga bisa berfungsi menyamarkan bau amis ketika kita memasak ikan.

Nah setelah kamu membaca ulasan di atas, tentu sudah tidak ada alasan lagi tidak mengetahui perbedaan bumbu dapur ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2 Resep Olahan Opor Ayam, Dijamin Enak

10 Jenis Bumbu yang Wajib Ada Di dapur

Resep Bumbu Tongseng Sapi, Enak Banget!