manfaat kayu manis untuk kesehatan

 


Kayu manis merupakan rempah yang sering digunakan di dapur untuk membuat cita rasa masakan memjadi lebih manid dan memberikan aroma yang menggugah selera. Memiliki aroma yang khas membuat masakan menjadi lebih segar dan manis, sepperti pada saat taburan Coffe Latte dan roti bakar.

Kayu manis bisa didapatkan dengan mudah dalam bentuk batang, gulungan ataupun yang sudah menjadi bubuk. Tak hanya bisa menjadi olahan bumbu dapur, kayu manis juga memiliki manfaat kesehatan.

Berikut ini adalah manfaat kayu manis untuk masakan dan kesehatan.

1. Penambah Rasa dan Aroma

Dalam dunia masak memasak, kayu manis digunakan sebagai penambah rasa dan aroma pada makanan. Selain itu, kayu manis juga mampu menghilangkan bau tak sedap pada bahan makanan serta menciptakan rasa sedap.

Begitu juga saat kayu manis ditambahkan pada minuman herbal, kayu manis akan memberikan wangi dan nikmat yang menyegarkan.

2. Antioksidan

Antioksidan penting untuk membantu tubuh mengurangi stress oksidatif dan terbukti merusak sel dan berkontribusi untuk mengobati penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2. Kemampuan aktioksidan dari kayu manis lebih unggul dan banyak digunakan.

Anda bisa mencoba beberapa minuman herbal dengan campuran kayu manis. Minuman herbal seperti ini bisa ditambahkan dengan rebusan jahe. Minuman herbal ini akan menghangatkan tubuh dan meningkatkan sistem imun serta mendetoksifikasi zat-zat berbahaya dalam tubuh.

3. Meningkatkan Sensitivitas terhadap Hormon Insulin

Insulin merupakan salah satu hormone utama yang bisa mengatur metabolisme dan penggunaan energy. Hal ini penting untuk mengangkut gula darah dari aliran darah ke sel-sel tubuh. Hal ini dikenal sebagai resistensi insulin, ciri khas seperti ini bisa mengobati sindrom metabolic dan diabetes tipe 2.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kayu manis dikenal memiliki sifat menurunkan kadar gula darah. Glukosa yang masuk dalam aliran darah setelah makan bisa dibantu dengan mengonsumsi kayu manis. Senyawa dalam akyu manis dapat bekerja pada sel tubuh dengan meniru insulin.

5. Menyegarkan Napas

Kayu manis juga bisa membantu menyegarkan napas, berkumur dengan air rebusan kayu manis dan perasan lemon berkhasiat untuk membantu membunuh bakteri yang ampuh untuk membantu membersihkan mulut.

Kumur dengan 5 rebusan batang kayu manis dalam 1 gelas air selama 5 menit, kemudian gunakan untuk berkumur dan sebagai obat kumur biasa.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Menurut sebuah penelitian, kayu manis dalam makanan bisa menjaga kesehatan jantung. Dalam sebuah studi, diet tinggi lemak dapat menyebabkan penyakit jantung dan menambah kayu manis bisa membantu mengimbangi risikonya.

7. Mencegah Jerawat

Kayu manis memiliki sifat antimikroba yang bisa membantu untuk mengobati masalah kulit berjerawat. Bumbu ini bisa membunuh bakteri dan jamur. Sumber antioksidan kuat yang melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Seperti yang diketahui, radikan bebas dapat menyebabkan peradagangan kulit, dan menyebabkan pori-pori tersumbat dan menyebabkan jerawat.

Demikianlah manfaat dari kayu manis yang bisa Anda gunakan baik untuk menambah cita rasa masakan dan manfaat lain untuk kesehatan tubuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2 Resep Olahan Opor Ayam, Dijamin Enak

10 Jenis Bumbu yang Wajib Ada Di dapur

Resep Bumbu Tongseng Sapi, Enak Banget!