Resep Bumbu Soto Ayam Lamongan, Gurih Benget!

Indonesia merupakan Negara yang dikenal dengan berbagai keberanekaragaman yang ada di dalamnya, baik itu dari segi budaya, bahasa, adat istiadat, hingga makanan khas yang tentunya sangat menggugah selera makan.

Nah, berbicara mengenai makanan khas, soto merupakan salah satu makanan khas asal Indonesia yang dikenal dengan rasanya yang sangat enak dan gurih tentunya.

Soto merupakan makanan berkuah yang umumnya disajikan bersama dengan suwiran daging ayam maupun sapi, kemudian diberikan tambahan kubis, tomat, dan sate usus sebagai pelengkapnya.

Di Indonesia, soto ada banyak variannya, salah satu yang terkenal adalah soto Lamongan. Sudah tahu belum resep bumbu soto Lamongan? Jika belum tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Resep Bumbu Soto Ayam Lamongan

Resep Bumbu Soto Ayam Lamongan, Gurih Benget!

Bahan:

- 700 gr ayam kampung

- 2 1/2 liter air

- 5 lembar daun jeruk

- 1 sdt garam

- 1 sdt gula pasir

- 2 sdm kecap manis

- 2 batang serai

- 2 cm lengkuas, memarkan

- 2 sdm minyak untuk menumis

- 300 ml minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:

- 12 butir bawang merah

- 8 siung bawang putih

- 2 cm jahe

- 3 cm kunyit bakar

- 4 butir kemiri

- 1 sdm bawang putih, goreng

- 1 sdm bawang merah, goreng

Cara membuat:

Langkah pertama yang dapat kalian lakukan untuk membuat resep ini adalah memanaskan air hingga mendidih, kemudian masukkan ayam dan rebus dengan menggunakan api yang kecil saja. Kamu harus mengusahakan ayam dimasak hingga lunak.

Jika dirasa ayam sudah lunak, kalian dapat meniriskannya terlebih dahulu, kemudian goreng hingga warnanya berubah menjadi emasa kecoklatan.

Sembari menggoreng, kalian dapat melanjutkannya dengan membuat kuah dengan air, lalu rebus kembali hingga mendidih dan berubah menjadi kaldu.

Langkah berikutnya, kalian dapat memanaskan minya, kemudian tumis bumbu halus dan berikan tambahan serai, lengkuas, dan daun jeruk hingga harum

Setelah dirasa bumbu sudah matang dan mengeluarkan aroma yang wangi, berikutnya kalian dapat memasukkan tumisan bumbu, garam, gula, dan kecap manis dalam rebusan kaldu. Masak hingga mendidih.

Resep Bumbu Soto Lamongan Modifikasi

Resep Bumbu Soto Ayam Lamongan, Gurih Benget!

Bahan:

- 1/2 ekor ayam kampung

- 1250 ml air

- 2 batang serai, diambil putihnya, memarkan

- 1 ruas lengkuas

- 2 lembar daun salam

- 1/2 sdt merica

- 4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya

- 1 sdm garam

- 1 sdt gula pasir

- 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:

- 6 butir bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 1 cm jahe

- 1 cm kunyit, dibakar

- 2 butir kemiri, disangrai

- 1 sdm ketumbar, disangrai

Cara membuat:

Langkah pertama yang dapat kalian lakukan untuk membuat masakan yang satu ini adalah dengan merebus ayam hingga mendidih. Jika sudah, saring kaldunya, kemudian didihkan kembali bersama ayam.

Setelah itu, kamu dapat memanaskan minyak, kemudian tumis semua bumbu halus dan berikan tambahan serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk sampai harum. Tuang ke rebusan ayam. Tambahkan garam, merica dan gula pasir. Masak sampai matang.

Jika ayam sudah masak, maka kamu dapat menggoreng ayam hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan, kemudian suwir ayam dan sisihkan.

Nah untuk bagian sambal, kalian hanya perlu merebus cabai rawit, cabai merah, dan bawang putih sampai layu. Angkat. Tambahkan garam. Haluskan. Sajikan kuah soto dengan ayam suwir, pelengkap, dan sambal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox