Resep Ikan Mas Naniura, Makanan Legendaris Khas Batak Toba

 



Indonesia memiliki beragam kekayaan kuliner yang khas dari setiap daerahnya, salah satunya ikan mas naniura. Olahan ini sama halnya dengan ikan natinombur yang juga merupakan makanan khas batak toba.

Naniura dalam bahasa sederhananya adalah ikan yang dimasak menggunakan asam jungga dan campuran bumbu lainnya yang sangat khas dari Sumatera Utara. Dengan kata lain, ikan naniura ini adalah ikan mentah tapi tenang guys, asam jungga yang digunakan memiliki rasa asam yang kuat sehingga bisa melunakkan daging ikan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Berikut resep dan cara membuat ikan mas naniura.

Bahan-bahan:

- 2,5kg ikan mas ukuran besar

- 3 buah asam jungga (boleh asam nipis 8ons)

- 1/4 kg batang rias/batang kecombrang lalu rebus

- 1/2 ons bawang batak (digoreng)

- 1 ons bawang merah (digoreng)

- 5 siung bawang putih (digoreng)

- 1 ons kemiri (digoreng)

- 3ruas jari jahe (digoreng)

- 1/2 ons kunyit (mentah)

- 3 ruas jari kencur

- Cabe sesuai selesai (rebus)

- 1/2 ons andaliman segar

- 1 sdm garam halus (sesuai selera)

Cara memasaknya:

1. Bersihkan ikan mas dari sisiknya,lalu cuci bersih kemudian belah dua dari punggung ikan. Kemudian buang semua duri ikan mas, setelah itu beri garam dan air jeruk. Diamkan selama 2 jam untuk menghilangkan bau amis dari ikan.

2. Haluskan kunyit dan kencur terlebih dahulu. Kemudian masukkan dan oleskan ke ikan, lalu aduk rata.

3. Selanjutnya haluskan bumbu yang sudah digoreng tadi seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, jahe, batang rias (direbus) dan andaliman (mentah). Jika sudah halus, masukkan ke ikan tersebut, kemudian oles dan aduk sampai rata dan tambahkan garam sesuai selera.

4. Langkah terakhir diamkan ikan selama 6 jam di suhu ruang untuk rasa yang lebih enak dan nikmat.

5. Jika 6 jam sudah berlalu, ikan mas naniura atau dekke naniura khas makanan batak toba tersebut siap disantap dan dinikmati.

Meskipun Ikan Mas Na Niura tidak dimasak menggunakan api, namun olahan nikmat khas Batak toba ini tidak memiliki bau amis sedikitpun dan daging dari ikannya juga sangat lembut. Bahkan, ketika kita dihadapkan dengan sepiring Ikan Mas Na Niura, indra penciuman kita akan dibuat mabuk dengan aroma campuran dari berbagai rempah-rempah yang menghiasi Ikan Mas Na Niura.

Disamping aroma serta cita rasanya yang begitu luar biasa, Ikan Mas Na Niura juga memiliki kaya akan manfaat bagi tubuh kita. Karena diolah dengan rempah-rempah yang sehat serta kandungan protein yang kita peroleh dari ikan mas.

Itulah ulasan tentang ikan mas naniura makanan khas masyarakat Batak Toba. Selamat mencoba dirumah ya teman-teman.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox