Mengenal Kue khas Batak Toba ‘Itak Gurgur’ Lengkap Resep dan Cara Pembuatannya


Horas sahabat! Kalau sudah dengar kata ‘horas’ harusnya sudah tau dong ya kita akan membahas apa? Ya, kali ini kita akan mengulik salah satu makanan khas Batak Toba. Kuliner khas Batak Toba kini cukup menarik perhatian orang banyak, karena berbahan dasar tepung beras (itak) yang dapat membuat kita merasa kenyang dan teknik pembuatannya yang sangat sederhana.

Diartikel ini, kami akan mengenalkan kue atau jajanan khas masyarakat batak toba yang legendaris bernama Itak Gurgur (lapet batak). 

Itak Gurgur memang tidak setenar ombus-ombus. Namun rasanya tidak kalah nikmat dan yang pastinya sehat juga mengenyangkan.

Itak Gurgur

Itak gurgur sering disebut kue pancasila oleh masyarakat batak toba karena cara pembuatan kue ini dicetak dengan genggaman lima jari atau dikepal-kepal.

Itak adalah bahasa batak yang artinya beras dan diolah dengan cara digiling sehingga menghasilkan tepung beras. Masyarakat Toba menganggap beras dengan istilah "boras, si pir ni tondi" (beras penguat roh). Dimana beras yang merupakan kebutuhan pokok selain menguatkan tubuh jasmani, beras juga dapat menguatkan roh.

Sedangkan makna dari kata gurgur ialah mendidih atau berkobar. Maka dari itu, setelah menyantap itak gurgur, orang yang memakannya diharapkan supaya lebih bersemangat untuk melanjutkan cita-cita dan harapan ke arah yang lebih baik.

Pada jaman dahulu, itak gurgur biasa di buat pada acara-acara tertentu dalam adat batak. Namun, seiring berjalannya waktu saat ini siapa saja dapat mengolah makanan khas yang satu ini karena cara membuat itak gurgur yang cukup sederhana dan bahan-bahannya mudah didapatkan.

Berikut Resep dan cara mengolah Itak Gurgur.

Resep Itak Gurgur

Bahan-bahan:

·         1/5 kg tepung beras siap olah

·         1/4 buah kelapa (diparut lalu dikukus sebentar)

·         100 gr gula merah di iris kasar (sesuai selera)

·         2 sdm gula pasir

·         1/4 sdt vanili bubuk

·         garam secukupnya

Cara Membuat Tepung Beras:

·         Langkah pertama, beras harus direndam semalaman atau selama 12 jam, setelah direndam tiriskan beras lalu di angin-anginkan hingga kering.

·         Bila sudah dikering, tumbuk beras atau boleh di blender menggunakan chopper/grinder atau food processor.

·         Setelah halus, ayak tepung dan kemudian kukus selama 20 menit.

·         Selanjutnya dinginkan tepung dan jika sudah dingin maka tepung siap diolah untuk dijadikan lappet, seperti Itak Gurgur, pohul-pohul dan ombus-ombus.

Cara Mengolah Itak Gurgur:

·         Yang pertama, campur tepung beras bersama kelapa parut, gula pasir, vanili bubuk dan garam secukupnya. Kemudian aduk hingga rata.

·         Selanjutnya, setelah teraduk rata, tambahkan gula merah pada adonan tersebut. Aduk kembali agar semua bahan tercampur sempurna.

·         Jika sudah diaduk rata, padatkan campuran adonan dengan cara mengepalnya dengan kuat supaya kue terbentuk dan tidak mudah terburai atau berserakan.

·         Yang terakhir, Itak Gurgur siap dihidangkan dan dinikmati di atas piring bersama teh atau kopi.

Dasar pembuatan Itak ini sama dengan cara pembuatan kue khas batak toba lainnya seperti pohul-pohul dan juga ombus-ombus ya sahabat.

Letak perbedaannya adalah jika itak gurgur tidak dikukus maka pohul-pohul dikukus dan ombus-ombus dibalut dengan daun pisang lalu kukus.

Meskipun Itak Gurgur tidak dikukus, tetapi lappet ini bisa langsung dikonsumsi karena tepung berasnya yang sudah dikukus terlebih dahulu baru dapat diolah.

Itulah sekilas pengetahuan tentang kue khas Batak Toba dan cara pembuatannya dengan rasanya yang nikmat dan mengenyangkan perut kita. Selamat mencoba dirumah sahabat.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox