Jenis dan Manfaat Jahe si Penghangat Badan

Rempah adalah hal yang tak bisa lepas dari masakan khas Indonesia. Seperti yang kita tau, kekayaan rempah di negara kita membuat kita terkenal sampai ke luar negri sejak dulu. Taukah kalian, berapa banyak jenis rempah yang ada di Indonesia?

Rempah-rempah tersebut tak hanya berguna dalam dunia permasakan, seperti contoh jahe. Sudah pernah mengkonsumsi jahe sebelumnya? Jahe merupakan tumbuhan yang dapat digunakan dalam beberapa hal, dan bagian yang paling penting adalah rimpangnya.

Tumbuhan ini berasal dari daratan asli Asia Tenggara. Pada abad ke-4 suku Austronesia menyebrangi kepulauan melayu, China hingga Taiwan dan bersama juga dengan persebaraan jahe serta lengkuas dan temu putih.

Jahe hanya bisa hidup di daerah tropis, maka dari itu penanaman buah jahe hanya bisa dilakukan di daerah khatulistiwa.

Adapun jenis jahe yang tersebar di tengah masyrakat tampak berbeda-beda, seperti :

1. Jahe Merah

Nama lain jahe ini adalah jahe sunti. Sesuai dengan namanya, jahe ini memiliki warna yang merah luar dalam. Selain warna, jahe merah mempunyai aroma yang paling kuat diantara jenis jahe lainnya. Jenis batang yang dimiliki jahe merah lebih besar.

Di dalam jahe ini terdapat minyak astiri yang akan dipergunakan dan diambil sebanyak 3,90%.

2. Jahe Putih

Jahe ini merupakan jahe yang paling sering dijumpai di pasaran. Dibanding jahe lainnya, ukuran jahe ini lebih besar dan juga rimpang yang dimiliki lebih lembut.

Aroma dari jahe ini terbilang cukup tajam, tapi tidak setajam jahe merah. Adapun guna dari tumbuhan ini yaitu untuk menghilangkan bau tak sedap dari makanan sehingga akan tetap nikmat aromanya. Dalam jahe ini terdapat minyak astiri yang mana dipergunakan untuk diambil minyaknya sekitar 1,5-3% dari berat bersih.

3. Jahe kecil

Jahe ini memiliki karakteristik yang unik. Dibanding jahe yang lannya, rimpangnya tidaklah gembung dan juga pipih dan rata. Tumbuhan ini memiliki warna lebih kekuningan dan juga memiliki serat yang lembut. Panjang jahe ini berada dibawah 30cm.

Jikalau jahe yang lainnya memiliki  aroma yang tajam, jahe ini tidaklah beraroma. Tapi untuk khasiat, jahe jenis ini tak ketinggalan manfaat yang baik untuk tubuh jikalau dikonsumsi.

Mengingat manfaat, tumbuhan ini kaya akan senyawa yang baik untuk tubuh, antaranya seperti,

·         Air

·         Energi

·         Protein

·         Lemak

·         Karbohidrat

·         Serat

·         Kalsium

·         Fosfor

·         Besi

·         Natrium

·         Kalium

·         Tembaga

·         Karoten

·         Seng:

·         Thiamin (Vitamin B1)

·         Riboflavin (Vitamin B2)

·         Niasin (Vitamin B3)

·          Vitamin C

Adapun manfaat untuk tubuh kita yaitu :

1. Mengurangi Mual

Mual di dalam tubuh terjadi karena beberapa hal, seperti stres, mabuk, keracunan makanan dan lain-lain. Jikalau anda mengalami mual, jahe bisa membantu anda mnegurangi bahkan menghilangkan rasanya.

2. Melawan Infeksi.

Jahe mampu melawan infeksi di dalam tubuh karena mengandung gingerol, shogaol, dan paradol yang mana, ketiga senyawa itu merupakan antibakteri. Jahe juga efektiv untuk anda yang ingin menghilangkan bakteri pada mulut dan gigi, yang mana mampu menyebabkan gingivitis dan periodontitis.

3. Kaya Anti Oksidan

Kandungan antioksidan di dalam jahe terdapat dari gingerol yang juga mampu untuk melawan radikal bebas.

4. Berat Badan

Untuk anda yang tidak percaya diri dengan berat badan anda, jahe bisa membantu anda mengurangi berat badan. Penelitian berkata, anda mampu mengurangi berat badan dengan mengkonsumsi 2gr jahe bubuk selama 12 minggu.

5. Meringankan Gejala Osteoarthritis

Sering disebut dengan nyeri sendi, jahe juga ikut andil dalam pemulihan sendi anda yang sering membuat aktivitas anda terganggu. Adan bisa mengurangi nyeri sendiri anda dengan cara meminum 500 mg air jahe setiap hari selama 3 hingga 12 minggu.

Nah, sekian rangkuman tentang jenis dan manfaat tumbuhan jahe untuk tubuh, semoga artikel ini bermanfaat.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

2 Resep Olahan Opor Ayam, Dijamin Enak

10 Jenis Bumbu yang Wajib Ada Di dapur

Resep Bumbu Tongseng Sapi, Enak Banget!