Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

 


Banyak jenis rempah yang ada di Indonesia. Beberapa rempah biasanya digunakan untuk penyedap rasa makanan. Tak hanay berguna untuk penyedap makanan, beberapa rempah digunakan untuk manfaat lain yang baik untuk tubuh.

Seperti contoh bawang putih. Bawang putih adalah rempah wajib yag ada hampir di seluruh dapur. Semua jenis masakan biasanya menggunakan bawang putih di dalamnya. Tak hanya untuk mengenakkan rasa masakan, biasanya bawang putih dapat digunakan sebagai bahan lain untuk kepentingan manusia.

Apakah kalian sudah mengenal dalam soal bawang putih, kalau belum mari kita bahas.

Sejarah bawang putih

Rempah yang satu ini merupakan tanaman umbi-umbian. Percaya atau tidak, sejarah penggunaan bawang putih ini sudah sejak 7000 tahun dan banyak tumbuh di daerah Asia Tenggara. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Jenis bawang putih

Bawang putih yang ada di Indonesia juga memiliki beberapa jenis yang mana berbeda bentuk. Berikut ulasannya.

1. Bawang putih kating. Bawang putih ini berasal dari Tiongkok. Bawang putih kating sangat digemari oleh khalayak terutama masyarakat Indonesia karena aroma dan rasanya yang cukup kuat. Bentuk  bawang putih ini siung kecil-kecil yang bergerombol menjadi satu.

2. Bawang putih shin chung. Bawang putih ini memiliki ciri yaitu ukuran kerompolnya yang besar, tapi justru ukuran siungnya kecil-kecil. Sedangkan untuk tekstur dan karakteristik umbinya bisa dibilang hampir mirip

3. Bawang Putih lanang. bawang putih yang tidak ada teman dalam satu wadah kulit bawang putih. Jenis yang satu ini dikenal dengan nama bawang putih tunggal atau bawang putih lanang. Sama seperti bawang lainnya, ia juga mengandung minyak atsiri, senyawa allicin dan masih banyak lagi lainnya.

4. bawang putih gajah. Bawang putih gajah adalah tanaman tahunan yang termasuk dalam genus bawang merah. Ini memiliki batang yang tinggi, padat, berbunga dan daun yang lebar dan rata.

Manfaat bawang Putih  

Selain jenisnyanya yang banyak, bawang putih juga memiliki keunggulan yang baik di dalam tubuh.  Adapun kandungan di dalam bawang putih adalah :

Protein,Total lipid , Karbohidrat, Energi, Gula, Serat, Kalsium, Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium,  Natrium, Seng, Tembaga, Mangan, Selenium.

Adapun manfaat dari bawang putih yaitu :

·      1. Menurunkan kolesterol : Sekelompok partisipan yang makan tiga gram bawang mentah mengalami penurunan kolesterol. Peneliti menyimpulkan bahwa manfaat bawang putih mentah untuk kolesterol berasal dari kandungan allicin yang diproduksi ketika dikunyah atau digigit. Allicin berperan untuk menghambat enzim yang memproduksi kolesterol.


•2. Mencegah kanker hati : Penelitian dilakukan di Jiangsu, Cina, dari tahun 2003 hingga 2010, di mana total 2011 pasien kanker hati dan 7933 kontrol populasi dipilih secara acak didokumentasikan. Peneliti menemukan bahwa asupan bawang putih mentah dua kali atau lebih per minggu mungkin memiliki efek pencegahan pada kanker hati. 


•3. Menurunkan kadar gula darah : Karbohidrat cenderung dimetabolisme dengan sangat cepat dan menyebabkan kadar gula darah meningkat. Makan bawang putih mentah memastikan bahwa karbohidrat dimetabolisme dalam kecepatan teratur.


•4. Menurunkan tekanan darah tinggi : Sebuah riset dalam Pakistan Journal of Pharmaceutical Science mengemukakan bahwa makan bawang putih mentah dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

gkuman tentang Bawang putih dan jugaa jenis serta manfaatnya, semoga artikeel ini bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2 Resep Olahan Opor Ayam, Dijamin Enak

10 Jenis Bumbu yang Wajib Ada Di dapur

Resep Bumbu Tongseng Sapi, Enak Banget!