Resep Bumbu Pecal Sayur, Dijamin Bikin Lidah Ketagihan

Resep Bumbu Pecal Sayur, Dijamin Bikin Lidah Ketagihan

Siapa sih yang tidak kenal dengan pecal? Ya benar sekali. Selain makanan khas kota Solo,  pecal juga masuk kedalam jenis makanan merakyat yang selain rasanya enak, cara pembuatan nya juga gampang.

Olahan pecal pada umumnya dapat dikreasikan menjadi berbagai varian, namun yang tak kalah popular dikalangan masyarakat adalah pecal sayur.

Pecal sayur memang dikenal sebagai makanan yang selain menyehatkan, rasanya juga enak, cocok dijadikan sebagai lauk nasi atau disantap bersama dengan lontong untuk makan siang. Pecal sayuran ini banyak disukai oleh masyarakat mulai dari masyarakat biasa sampai kepada gamers esport seperti yawi echo juga menyukainya.

Pada dasarnya olahan pecal merupakan makanan yang dikreasikan dari bahan dasar sayuran  yang di rebus terlebih dahulu dan di taburkan dengan racikan bumbu kacang yang dibuat sacara khusus.

Pecel sayuran ada beberapa versi di Jawa. Pecel Solo, Madiun, Kediri, Malang dan lainnya. Racikan sayuran bisa disesuaikan dengan selera. Biasanya dilengkapi dengan rempeyek, kerupuk atau tempe dan tahu bacem.

Nah, berikut ini resep bumbu pecal sayur bagi kamu yang ingin membuat masakan yang satu ini dirumah sendiri untuk keluarga kalian.

Resep Bumbu Pecel Sayur

Resep Bumbu Pecal Sayur, Dijamin Bikin Lidah Ketagihan

Bahan :

  • kacang tanah
  • 3 lembar daun jeruk
  • 100 g gula jawa, sisir halus
  • 1 sdm asan jawa
  • Bumbu Halus:
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 3 buah cabe rawit merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm kencur
  • 1 sdt terasi goreng
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Bumbu Pecel Sayur:

Resep Bumbu Pecal Sayur, Dijamin Bikin Lidah Ketagihan

Langkah pertama yang dapat kalian lakukan dalam membuat pecal sayur adalah dengan menggoreng terlebih dahulu kacang hingga matang.

Setalah kacang dirasa sudah matang, angkat kemudian tiriskan minyak dan tunggu hingga suhunya sedikit lebih dingin.

Nah, setelah dirasa kacang sudah agak dingin, maka kaliand dapat menghaluskan kacang tersebut dengan menggunakan cobek, grinder atau gilingan daging hingga halus dan taruh di dalam wadah yang sudah disediakan sebelumnya.

Setelah kacang sudah dihaluskan, maka langkah selanjutnya adalah membuat bumbu halusnya. Kalian dapat menyangrai cabe, bawang putih dan kencur hingga layu, kemdudian angkat dan jangan lupa ditiriskan.

Kemudian, kalian dapat menumbuh semua bumbu yang sudah di goreng sebelumnya bersama dengan gula Jawa dan daun jeruk hingga halus.

Setelah bumbu dirasa sudah halus, maka kalian dapat mencampur bumbu halus tadi bersama dengan kacang yang juga sudah dihaluskan, aduk hingga kedua bumbu benar-benar tercampur secara merata.

Bumbu pecel siap digunakan untuk saus sayuran rebus. Saat akan digunakan ambil bumbu pecel secukupnya dan aduk dengan air hangat hingga menjadi saus yang kental.

Tips membuat Bumbu Pecel Sayur:

  1. Sebelum digoreng, pilah-pilah kacang tanah, buang yang kecil, busuk atau rusak agar saat digoreng tidak gosong yang bisa membuat bumbu pecel pahit.
  2. Pilih jenis kacang tanah yang bagus untuk bumbu pecel. Bisa kacang tanah Tuban atau Bali yang kecil tetapi manis gurih rasanya.
  3. Sesuaikan tingkat rasa manis dan pedas sesuai selera.
  4. Jika akan disimpan, kemas dalam wadah bertutup rapat. Taruh dalam lemari es agar tahan lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox