Resep Burger Rumahan, Simpel Tapi Enak

Siapa sih yang tak mengenal burger? Jajanan yang satu ini memang sudah dikenal banyak orang belakangan ini karena rasanya yang enak, cocok untuk mengganjal rasa lapar.

Pada dasarnya burger merupakan makanan dengan bahan dasar roti yang diisi dengan berbagai macam isian, seperti daging, telur, naget, hingga sosis.

Burger biasanya banyak dijumpai di PKL atau di rumah makan. Namun, dari pada membeli dengan harga yang agak mahal, ada baiknya jika kamu membuatnya sendiri dirumah.

Sudah tau resep membuat burger? Jika belum tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa resep burger rumahan, tapi tetap enak dong. Penasaran? yuk langsung simak.

1. Resep Burger Sushi Berbagai Bahan, Camilan Lezat Mengenyangkan

Resep Burger Rumahan, Simpel Tapi Enak

Bahan :

- 1 pasang paha ayam fillet, potong-potong sesuai selera

- 1/2 sdt paprika bubuk

- 1/4 sdt bawang putih bubuk

- Black pepper halus secukupnya

- Garam secukupnya

Bahan pelapis:

- 1 butir telur

- 3 sdm tepung maizena

- 7 sdm tepung terigu

Bahan mayonnaise:

- Saus tomat

- Saus sambal

- Madu

- Mayonnaise

Pelengkap:

- 5 buah roti burger

- Selada keriting secukupnya

- Tomat merah secukupnya

- Zucchini secukupnya

- Keju slice secukupnya

Cara membuat:

Cara pertama yang dapat kalian untuk membuat burger ini adalah dengan merendam ayam dengan bahan A selama kurang lebih 1 jam dan kemudia berikan tambahan telur, lalu aduk rata.

Kemudia kamu sudah bisa memanaskan minyak dengan api yang kecil. Setelah itu ambil bahan pelapis, lalu masukkan ayam satu persatu dan remas-remas sehingga tepung menempel di ayam.

Setelah nya, kamu dapat menggoreng hingga warna berubah menjadi kuning kecoklatan. Siapkan roti menjadi dua bagian, beri olesan mentega dan panggang terlebih dahulu hingga warnanya berubah menjadi sedikit kecoklatan.

Angkat burger, berikan olesaan mayonnaise dan  susun isian selada, irisan tomat, ayam, keju, zucchini, olesi mayonaise lagi, dan tutup dengan roti burger

2. Cara Membuat Burger ala Rumahan KSB

Resep Burger Rumahan, Simpel Tapi Enak
Bahan A:

- 200 gr tepung cakra

- 45 gr tepung segitiga

- 15 gr susu bubuk

- 36 gr gula pasir

- 6 gr ragi instant

- 180 ml (1 telur utuh + 20 gr whip cream bubuk + susu cair)

Bahan B:

- 30 gr butter

- 2 gr garam

- 1/2 sdt pasta susu

Isian:

- Keju

- Telur mata sapi

- Burger patties bernardi

- Saus tomat

- Mayo

- Selada

- Tomat

Cara membuat:

Langkah pertama yang dapat kalian lakukan untuk membuat burger yang satu ini adalah dengan menguleni semua bahan menjadi satu hingga kalis.

Setelah itu, kamu dapat memasukkan bahan B dan uleni kembali sampai kalis dan memiliki tekstur yang elastis.

Setelah adonan sudah jadi, selanjutnya kamu bisa menimbang semua adonan sesuai dengan selera masing-masing dan bentuk bulat. Jangan lupa untuk mendiamkannya selama 1 jam hingga adonan sudah mengembang dua kali lipat.

Setelah itu, kamu boleh memanggangnya dengan suhu 200 derajat celcius dan jangan lupa agar diolesi dengan susu evaporated.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox