10 Jenis Bumbu yang Wajib Ada Di dapur

 


Masakan Indonesia di kenal dengan aneka ragam bumbu dan kandungan rempah-rempah. Misalnya saja untuk membuat soto, ada banyak jenis rempah yang diperlukan untuk menghasilkan cita rasa yang menggugah selera. Kamu dapat mengetahui resepnya melalui mesin pencari yandex.

Tak hanya enak, masakan Indonesia juga banyak menyehatkan karena kandungan rempah di dalamnya. Jadi, untuk kamu yang doyan berada di dapur, ada 20 jenis bumbu yang harus disediakan. Apa saja? Yuk, simak informasinya pada artikel di bawah ini.

1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu yang wajib tersedia di dapur. Sebab, berbagai jenis masakan harus mengandung bawang putih. Selain membuat masakan menjadi lebih enak, bawang putih juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Seperti menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

2. Bawang Merah

Bawang merah masih satu kerabat dengan bawang putih. Keberadaannya dalam setiap masakan juga tak kalah penting. Manfaat bawang merah untuk kesehatan adalah menormalkan kadar gula darag dan menurunkan kolesterol dan meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Bawang Bombay

Masih satu rumpun dengan bawang putih dan abwang merah, bawang Bombay kerap disediakan untuk membuat masakan menjadi lebih gurih. Selain itu, bawang Bombay apabila kita konsumsi akan membantu menjaga kesehatan jantung, menjaga mood dan kekebalan tubuh.

4. Cabai

Masyarakat Indonesia jika memakan sesuatu tanpa cabai pasti akan terasa kurang. Sambal menjadi pelengkap setiap masakan. Hal ini yang mmebuat keberadaan cabai sangat penting di dapur. Cabai juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah kanker dan membakar lemak.

5. Jahe

Jahe memegang peranan penting dalam urusan dapur. Saat sedang mengalami gangguan kesehatan, jahe juga kerap dimanfaatkan untuk mengatasai mual, muntah, pusing dan keringat dingin.

6. Kunyit

Kunyit adalah bumbu wajib yang ada seperti jahe, kenyit sering dijadikan sebagai bumbu masakan nusantara dan menjadi pewarna alami dalam berbagai masakan. Ternyata, kunyit baik untuk kesehatan. Seperti mencegah pertumbuhan sel kanker, antioksidan, menurunkan risiko Alzheimer, dan anti inflasi.

7. Lengkuas

Lengkuas memiliki rupa yang mirip dengan jahe. Namun kedua bumbu ini memiliki rasa dan aroma yang berbeda. Lengkuas kerap digunakan untuk mengatasi diaere, mencegah sel kanker dan tumor, mengatasi masalah kulit kepala dan menjadi obat luka bakar.

8. Kencur

Satu lagi jenis rimpang yang banyak digunakan untuk kegiatan memasak adalah kencur. Sama dengan jahe, kunyit, dan lengkuas, kencur sering digunakan sebagai pelengkap masakan Indonesia. Manfaat kencur untuk kesehatan adalah mengatasi masalah tenggorokan, menghilangkan stres, mengobati diare, dan mencegah karies gigi.

9. Jeruk Nipis

Jerup nipis memiliki manfaat untuk menghilangkan bau amis pada makanan. Bumbu ini memberikan tambahan seperti rasa segar dan wangi. Selain itu, bumbu dapur yang wajib ada di rumah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

10. Daun Salam

Bumbu dapur terakhir yang wajib ada di rumah adalah daun salam. Daun salah memiliki bentuk memanjang dan sedikit tebal sehingga bisa dikonsumsi berperan sebagai penyedap rasa. Manfaat daun salah lainya adalah menjaga kadang gula darah, kesehatan pencernaa, dan menjaga kesehatan mata dan mencegah asam urat.

Demikianlah 10 jenis bumbu yang wajib Anda sediakan dirumah. bumbu-bumbu ini berperan penting dalam berbagai masakan. Selain membuat makanan menjadi lebih lezat, bumbu dan rempah ini baik untuk mengobati berbagai penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox