Manfaat Buah Pala Bagi Kesehatan

 

Pernahkah anda mengenal buah pala sebelumnya? Buah dengan nama lain Myristica fragrans  ini berasal dari Kepulauan Banda, Maluku. Dulu buah ini sangat banyak digemari dan juga buah serta biji yang berguna akibat nilai rempah yang tinggi, sehingga diekspor ke Romawi.

Buah pala merupakan buah yang cukup lama saat dipanen. Buah pala bisa dipanen sekitar 9 bulan setelah pembungaan. Ciri buah siap panen yaitu warna buah kuning kecokelatan, beberapa buah mulai merekah (membelah) melalui alur belahnya, kulit biji (cangkang) berwarna cokelat tua sampai hitam dan mengilat, dan warna fuli memerah.

Walaupun berasal dari Kepulauan Banda, buah ini mengalami persebaran di daerah beriklim tropis. Adapun daerah persebarannya yaitu Guangdong dan Yunan di Cina, Taiwan, Malaysia, Grenada di Kepulauan Karibia, Kerala di India, Sri Lanka, dan Afrika Selatan, terutama juga di negara asalnya yaitu Indonesia.

Kehadiran buah ini membawah hal baik bagi para pengkonsumsinya. Buah pala mengandung banyak zat senyawa didalamnya, tak lain dan bukan adalah  Air,  Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Serat, Abu, Kalsium, Fosfor, Besi, Natrium, Kalium, Tembaga, Seng, Bata-karoten , Vitamin, Vitmain, Niasin, Vitamin.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord aku bukan jodohnya ketika menyimak ulasan ini. Manfaat buah pala adalah :

Menjaga Kesehatan Otak

Buah ini mengantung senyawa myristicin dan macelignan yang berperan mengurangi risiko kerasakan saraf. Jikalau mengkonsumsi buah ini sesuai aturan, maka kalian bisa menjaga saraf otak kalian dengan baik.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Didalam buah pala kaya akan serat dan seperti yang kita tau serat sangat berteman baik dengan sistem pencernaan. Serat yang dikandung oleh buah pala bisa membantu gerakan peristaltik pada usus.

Menjaga Insomnia

Buat kalian yang mempunyai riwayat penyakit insomnia, mengkonsumsi buah pala sesuai aturan bisa membantu kalian terhadap insomnia yang kalian derita. Bagaiman bisa? Itu karena Kandungan magnesium yang cukup tinggi juga bisa mengurangi ketegangan saraf dan merangsang pelepasan serotonin.

Memelihara kulit 

Maksud dari memelihara kulit ialah, kandungan didalam buah pala dapat membantu anda mengurangi bekas luka seperti jerawat, bisu, dan lain-lain.

Mengurangi Rasa Sakit 

Mentol yang terkandung didalam buah pala, dipercaya dapat mengurangi rasa sakit didalam tubuh. Bukan hanya luka yag tak kasat mata, luka dikulit, atau ketegangan juga dapat diredakan sakitnya oleh kandungan mentol tersebut.

Memelihara Kesehatan Mulut

Taukah anda kandungan didalam buah pala dapat merawat dan menyehatkan mulu. Didalam buah pala terdapat anti bakteri yang dapat membersihkan penyebab bau mulut.

Mengurangi Tekanan Darah

Kandungan mineral di dalam buah pala dapat menjaga fungsi organ di dalam tubuh. Kalium juga dapat merenggangkan pembuluh darah serta dipercaya dapat menurunkan darah tinggi.

Mengeluarkan Racun Tubuh

Racun yang kebanyakan akan mngendap di ginjal akan dapat dibersihkan dengan kandungan di dalam buah pala. Tak hanya itu, kandungan di buah pala dapat membantu melarutkan batu ginjal serta meningkatkan fungsi ginjal dan hati.

Mencegan Anemia

Jikalau anda mempunyai riwayat penyakit anemia, pasti anda sering emrasakan lesu dan lemas. Buah pala dapat membantu anda dalam mengurangi resiko kekurangan giz didalam tubuh karena di tubuh terdapat kandungan zat besi yang dapat meningkatkan Kandungan magnesium yang cukup tinggi juga bisa mengurangi ketegangan saraf dan merangsang pelepasan serotonin.

Tapi taukah kalian, dibalik manfaat buah pala yang sangat banyak, terdapat beberapa efek samping yang bersifat negatife. Berikut ulasannya,

Terlalu sering mengkonsumsi buah tersebut bisa memicu efek toksik karena adanya minyak miristisin, senyawa organik alami yang ditemukan dalam rempah tersebut.

Natural Medicines Comprehensive Database akhirnya menyarankan, sebaiknya pala tidak digunakan dalam waktu jangka panjang dan tidak lebih dari 120 mg karena bisa membuat seseorang berhalusinasi dan meningkatkan risiko gangguan mental lainnya.

Sekian rangkuman tentang buah pala, semoga artikel ini bermanfaat ya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox