Andaliman Si Merica Batak


Rempah-rempah di Indonesia beragam jenisnya. Beda rasa, beda khasiat, dan beda kegunaan. Karena terlalu luasnya daerah, Indonesia dipenuhi dengan beberapa kekayaan rempah yang membuat beberapa Negara menginginkannya.

Sebelumnya, apakah kalian sudah mengenal dengan buah andaliman? Apakah banyak yang sudah mengenal namanya? Atau, kalian sering memasak dengan menggunakan rempah ini?

Disini, kita akan membahas spesifikasi tentang buah andaliman. Tapi sebelum itu kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord dinda jangan marah marah ketika menyimak ulasan ini. Langsung saja yuk kita bahas.

Andaliman memiliki nama lain Zanthoxylum acanthopodium DC sering disebut dengan itit-itir atau tuba. Jarang orang mengetahui dan menggunakan buah ini sebagai bahan masakan. Buah ini keseringan digunakan hanya untuk berbagai masakan batak. Makan tak jarang mengenal kalau andaliman adalah merica batak.

Andaliman memiliki rasa jeruk yang lembut tapi rasa pedas tak lekang dari buah ini. Seakan lidah mati rasa, buah ini menciptakan sensasi yang membuat lidah kelu.

Walaupun mayoritas pengguna buah ini adalah orang Batak, daerah Asia Selatan dan juga Asia Timur juga sering menggunakan andaliman sebagai bahan memasak.

Adapun ciri-ciri dari buah andaliman berupa tumbuhan dengan tinggi pohon sepanjang 5 meter, dan tumbuhan ini merupakan tumbuhan semak. Didalam buah ini mengandung senyawa dengan rasa pedas yang menciptakan rasa getir yang unik, dan juga hangat. Secara tidak langsung, jikalau mencium buah ini, terasa seperti bau buah lemon.

Dibalik pedasnya buah andaliman ini, ternyata banyak loh teman, manfaat dari buah kecil ini. Adapun manfaatnya sebagai berikut :

1. Menambah Darah. Tau kah kalian, kalau di dalam buah andaliman kaya akan zat besi. Zat besi didalam buah andaliman ini dapat membantu pembentukan hemogoblin, protein dan sel darah merah. Pada akhirnya, ini akan membuat peredaran didalam tubuh menjadi lancar serta dapat menambah sel darah merah didalam tubuh.

2. Memperkuat Tulang. Walaupun tidak dalam jumlah yang banyak, ternyata terdapat zat mineral didalam buah andaliman. Adapun diantaranya yaitu seperti fosfor, mangan, tembaga, dan zat besi. Semua senyawa tersebut berguna untuk pembentukan tulang yang kuat dan dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

3. Meredakan Nyeri. Memiliki kesamaan dengan merica lainnya, ada sifat analgesik didalam buah andaliman dan itu dapat meredakan nyeri pada tubuh.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Didalam andaliman terdapat kandungan Zinc yang tinggi, dimana mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Zinc adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan manusia guna untuk kekebalan tubuh tetap meningkat. Jikalau kandungan zinc tidak ada dikonsumsi oleh tubuh manusia, maka kita bisa terserang infeksi lho, dan juga akan mengalami proses penyembuhan yang cukup lama.

Wahh, hebat juga yaa.

5. Meredakan Peradangan

Tak hanya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ternyata andaliman dapat berguna untuk meredakan peradangan dari dalam tubuh manusia. Setelah diteliti, senyawa yang ditemukan dalam merica batak ini dapat menangkal radikal bebas dari dalam tubuh.

Adapun berbagai senyawa dari buah andaliman ini adalah antioksidan dan asam organik, termasuk pitosterol dan dan tepena. Kalau kalian belum tau, senyawa tersebut mempunyai efek anti radang Bagi tubuh.

Adapun masakan yang dapat dihasilkan dari buah andaliman yaitu seperti :

1. Ayam Goreng Andaliman


Bumbu untuk menggoreng ayam goreng ini seperti bawangan bawangan, ketumbar, jahe, cabe, kunyit, dan tak lupa andaliman yang dihaluskan beserta bumbu-bumbu tersebut. Ditambah nasi hangat, makanan ini terasa sangat nikmat lho.

2. Saksang Babi


Orang batak dalam memasak saksang babi, juga memadukan andaliman didalamnya. Diharapkan rasa pedasnya dapat menggetarkan lidah dan juga gurih dari rempah-rempah yang dimasukkan kedalamnya.

3. Arsik


Arsik adalah makanan khas batak yang sudah dirasa oleh hampir semua orang batak. Masakan yang berbahan ikan mas dan beberapa rempah seperti kunyit yang cukup banya, cabe, bawang-bawangan, serta andaliman. Andaliman tak ikut tinggal juag dalam pembuatan masakan unik ini.

Nahh, itu adalah sedikit dari rekomendasi untuk kamu yang ingin mencoba masakan olahan buah andaliman. Bagaimana? Tertarik mencobanya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox