Mari Mengenal Kunyit, Si Kuning yang Menyehatkan

Sedari dulu, Indonesia terkenal dengan ban yak nya rempah sampai ke daerah luar. Terkadang, negeri dengan sejuta rempah ini, memikat perhatian orang orang. Kadang, aneka rempah di Indonesia ini, diyakini memiliki seribu manfaat. Mulai dari bahan memasak, obat untuk penyakit ataupun ubtbuk kesehatan serta sebagian untuk budaya yang harus dilestarikan.

Disetiap daerah, kadang rempah rempah tidak tumbuh menyeluruh. Tapi seperti yang kita tau, kunyit adalah salah satu rempah yang cukup populer dalam dunia perdapuran para ibu-ibu. Kunyit sangat gampang untuk di cari ataupun sangat banyak kugunaannya dalam memasak atau meracik bumbu yang khas agar makanan tersebut terada sedap rasanya.

Adapun contoh bberapa masakan yang menggunakan kunyit seperti pepes ikan, opor ayam, pindang, dan lain lain. Rasa nya yang unik dan khas membuat kunyit menjadi salah satu rempah yang cukup populer.

Tapi tidak hanya untuk dunia perdapuran, ibu ibu atau orang awam kebanyakan menggunakan kunyit sebagai obat tradisional yang kadang bisa dipercaya untuk mengobati sakit, atau mencegah penyakit.

Adapun beberapa khasiat kunyit untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain untuk menambah cita rasa makanan, kunyit di percaya daapt meningkatkan daya tahan  tubuh karena di perkaya oleh zat kurkumin. Yang dimana, jikalau kita mengkonsumsi kunyit didalam tubuh kita, itu bisa membantu kita melawan bakteri jahat yang dapat menyebabkan penyakit dalam tubuh kita.

2. Mengurangi Rasa Mual

Zat kurkumin yang ada pada kunyit tadi, dapat mengurangi rasa mual pada tubuh manusia. Yang dimana, zat tersebut akan meresap pada tubuh manusia serta mengurangi tekanan pada perut. Dengan ada nya kunyit yang dikonsumsi oleh manusia, akan membuat rasa perut menjadi lebih ringan sehingga akan mengurangi ada nya rasa mual.

3. Mengatasi Perut yang Kembung

Kunyit dipercaya dapat membantu otot pencernaan agar lebih lancar. Zat kurkumin  yang terdapat pada kunyit, membuat tekanan gas apda perut berkurang, sehingga akan membantu lambung mengurangi produksi asam secara berlebihan, dimana itu akan mempengaruhi kondisi kesehatan perut.

4. Mengurangi Nyeri Saat Haid

Kebanyakan perempuan mengalami nyeri saat haid, dimana rasa nyeri tersebut akan sangat mengganggu apalagi jikalau nyeri perut terjadi saat beraktivitas. Untuk perempuan Indonesia dalam mengurangi rasa haid, pasti tidak asing lagi dalam mendengar tentang jamu racikan dari kunyit, yang dimana itu dapat mengurangi rasa nyeri diperut. Hal ini disebabkan oleh kandungan kurkumin yang dapat melemaskan kontraksi pada rahim dimana itu akanmengurangi ras keram pada perut saat haid berlangsung.

Tak hanya itu, zat kurkumin juga membantu mnegurangi masuknya ion kalsium pada sel sel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.

5. Sebagai Obat Alergi

Zat kurkumin dan juga bisdesmetoksikurkumin mempunyai kemampuan sebagao senyawa anti alergi, yang dimana, zat secara tidak langsung kunyit dapat membantu mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh alergi.

6. Mengobati Maag

Kadang, bagi pederita maag, disaat maag mereka kambuh langkah pertama yang diambil adalah memakan obat pereda. Padahal engan mengkonsumsi air larutan kunyit, dapat mengurangi gejala timbulnya maag kembali.

7. Menstabilkan Kadar Gula

Bagi yang belum tau, kunyit juga bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula. Cocok bagi kamu yang menderita diabetes nih. Kunyi dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam tubuh.

8. Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang menjalani diet, mengkonsumsi air kunyit dapat membantu serta menjaga bentuk badan anda. Zat kurkumin pada kunyit dapat membantu menguatkan imut tubuh dan membuat anda lebih fit pada saat ingin menurunkan berat badan.

Demikian manfaat si kuning yang sangat di gemari para ibu pada umumnya. Jadi bagaimana? Tertarik untuk mencoba kunyit?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox