Resep Bumbu Ayam Panggang Napinadar, Mantep Banget!

Resep Bumbu Ayam Panggang Napinadar, Mantep Banget!

Bingung cara mengolah ayam panggang napinadar yang gampang dengan cita rasa yang siap menggoyang lidah?

Ayam napinadar memang merupakan sebuah masakan khas Batak yang pengolahannya tergolong gampang-gampang susah.

Hal ini disebabkan karena apabila resep bumbunya tidak pas, maka hal yang mungkin terjadi adalah rasa masakan hambar dan tak sedap.

Padahal ayam panggang napinadar yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Enaknya tidaknya kuliner ayam napinadar sebenarnya tergantung pada beberapa faktor, mulai dari bahan yang digunakan, kualitas, hingga proses pengolahannya juga berpengaruh.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membuat resep olahan ayam napinadar yang rasanya enak dan juga dapat menggugah selera makan kalian. Penasaran? yuk simak penjelasan berikut ini.

Resep Ayam Napinadar

Resep Bumbu Ayam Panggang Napinadar, Mantep Banget!
Bahan:

  • 1 ekor Ayam kampung hidup
  • Darah ayam kampung

Bumbu:

  • 10 Kemiri
  • 10 bawang merah
  • 5 bawang putih
  • 2 ruas Jahe
  • 2 ruas Lengkuas
  • Andaliman
  • 20 cabe rawit

Cara membuat:

Langkah pertama yang dapat kalian dalam pembuatan ayam napinadar adalah dengan memotong ayam, kemudia tampung darahnya pada wadah yang terpisah, kemudian campurkan perasan jeruk nipis dan juga sedikit air kedalam wadah yang berisikan darah.

Bakar ayam agar bulu-bulu halus yang terdapat pada tubuh ayam dapat terambil semua, kemudian panggang ayam tanpa olesan bumbu.

Selagi menunggu ayam terpanggang dengan sempurna, kalian dapat menyiapkan bumbu terlebih dahulu. Kalian dapat mengulek semua bahan bumbu yang telah disangrai terlebih dahulu. Akan lebih mantap lagi rasanya, sebaik nya kamu menggunakan cobek saja ya.

Setelah dirasa tekstur bumbu sudah cukup halus, maka kalian dapat menambahkan darah yang sudah dipisah kan tadi, garam, gula dan penyedap rasa secukupnya hingga rasa masakan lebih gurih.

Kemudian aduk semua bahan hingga merata, kemudia olehkan pada ayam yang sudah dipanggang hingga matang merata yang tadi.

Nah, itulah resep bumbu ayam panggang napinadarkhas batak yang bisa kamu cobain sendiri dirumah, cukup gampang dan tak ribet bukan? Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox